PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN SAYUNG 1

ILMAH, NASIHATUL (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN SAYUNG 1. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900061_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap prestasi belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran IPS di SD Negeri Sayung 1. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang menggunakan jenis desain Quasi Experimental Design, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa dalam kelas eksperimen dan 21 siswa dalam kelas kontrol di SDN Sayung 1 Demak. Setelah menganalisis data hasil belajar siswa, ditemukan bahwa di kelas eksperimen, terjadi peningkatan sebesar 80% dalam hasil belajar saat menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline. Ini berbeda dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional tanpa media pembelajaran. Hasil dari uji paired sample t-test menunjukkan nilai lower dan upper yang negatif, yaitu lower -16.780 dan upper -9.130, dengan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0.000, yang lebih kecil daripada nilai α=0.05. Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Sayung 1 selama proses pembelajaran yang telah dilakukan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:09
Last Modified: 20 Oct 2023 07:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32144

Actions (login required)

View Item View Item