ANALISIS PEMAHAMAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS V SDN KUNIRAN 03

Khoridah, Nafisatul (2023) ANALISIS PEMAHAMAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS V SDN KUNIRAN 03. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900060_fullpdf.pdf

Download (857kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900060_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada Pemahaman literasi numerasi siswa kelas V SDN Kuniran 03. Kurangnya pemahaman literasi numerasi yang terjadi pada siswa terutama pada mata Pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman literasi mumerasi siswa dalam menggunakan berbagai macam angka dan symbol yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram, dan sebagainya), serta menganalisis informasi dan menafsirkan hasil analisis tersebut. penelitian ini menggunakan model miles dan Huberman dengan menggunakan teknik analisis pengumpulan data, reduksi data, display data (penyajian data dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kuniran 03. Variabel penelitian berupa literasi numerasi. Teknik analisi data meliputi analisis data observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Siswa dalam menggunakan berbagai macam angka dan simbol dengan cara mengetahui terlebih dalulu angka dalam matematika kemudian siswa dapat menggunakan angka dan simbol matematika untuk membuat diagram dengan cara mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar, setelah itu mengubah data kedalam bentuk tabel, dan yang terakhir membuat diagram berdasarkan tabel yang telah dibuat. Siswa dalam menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk dengan cara melihat dulu judulnya, setelah itu mengamati data-data yang ada pada diagram, setelah itu mengurutkan data dari data yang paling kecil hingga data yang paling besar.,Siswa dalam menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan siswa menganalisis dulu data dari yang terkecil hingga terbesar kemudian baru dapat menentukan keputusan setiap data yang ada pada diagram. Kata Kunci: Pemahaman, Literasi Numerasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:08
Last Modified: 20 Oct 2023 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32143

Actions (login required)

View Item View Item