EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NGABENREJO

DELIANI, LUSIA PUTRI (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NGABENREJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900053_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900053_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Pengembangan dan peningkatan pendidikan diperlukan inovasi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran saat kegiatan pembelajaran. Diterapkannya model pembelajaran probing prompting menjadikan siswa merasa tertarik dan bersemangat karena dapat menciptakan proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan dan pengalaman dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri 2 Ngabenrejo. Hasil penelitian menunjukkan adanya keefektivan model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar kognitif siswa. Pada kelas eksperimen menunjukan hasil pretest 0,136 dan posttest sebesar 0,76, sedangkan pada kelas kontrol pretest sebesar 0,364 dan posttest sebesar 0,407. Pada uji homogenitas pretest sebesar 0,213 dan posttest sebesar 0,760. Pada uji paired sample t test dan uji independent sample t test kelas kontrol dan kelas eksperimen keduanya memiliki nilai sebesar 0,00 < 0,05. Uji one sample t test pada kelas kontrol sebesar 0,247 > 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif siswa. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh 0,016 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar kognitif siswa. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran probing prompting efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional. Keyword: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Probing Prompting, IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:32
Last Modified: 20 Oct 2023 06:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32132

Actions (login required)

View Item View Item