Sukmawati, Khoirun Nisak (2023) PENGARUH POLA ASUH PERMISIF ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn DAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS RENDAH DI SDN TAMBAHREJO KABUPATEN BLORA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900049_fullpdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900049_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penerapan pola asuh permisif orang tua terhadap prestasi belajar PPKn dan kedisiplinan pada siswa. Kurangnya perhatian orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar mengakibatkan prestasi belajar PPKn rendah dan kurangnya anak dalam disiplin belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan pola asuh permisif orang tua terhadap prestasi belajar PPKn dan kedisiplinan belajar pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi nilai dari hasil UAS semester genap 2022/2023. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SD N Tambahrejo kelas I, II, dan III. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Pada hasil skripsi ini terdapat 30,7% pengaruh pola asuh permisif orang tua terhadap prestasi belajar siswa, 48,1% pengaruh pola asuh permisif orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa, dan 63,1% pengaruh pola asuh permisif orang tua terhadap prestasi dan kedisiplinan belajar siswa. Kata Kunci : pola asuh orang tua, prestasi belajar, kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 06:28 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 06:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32127 |
Actions (login required)
View Item |