PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS III SD NEGERI KARANGASEM 1

Hidayati, Khilmi Jauharoh (2023) PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS III SD NEGERI KARANGASEM 1. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900046_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900046_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

PPKn adalah salah satu mata pelajaran yang wajib bagi siswa yang diperlukan untuk menyiapkan pribadi yang dapat bertanggung jawab dalam memajukan dan mempertahankan keutuhan bangsa di masa mendatang. Sebaiknya pembelajaran tidak hanya dilihat dari ketercapaian pada ranah kognitif saja, akan tetapi perlu menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guru yaitu model Value Clarification Technique (VCT). Desain yang digunakan pada penelitian ini Pre-Experimental Design dengan bentuk desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SD Negeri Karangasem 1 dengan jumlah siswa 27 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil analisis pada uji validitas menunjukkan bahwa nilai V yaitu 0,84 yang mana termasuk dalam kategori sangat baik untuk semua indikator aspek penilaian angket sopan santun melalui uji validitas ahli. Efektifitas atau pengaruh pelaksanaan model VCT dalam penelitian ini dapat dikatakan ada, yang dibuktikan dari hasil uji Paired Sample t-Test, dimana hasil menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai signifikansi (2-tailed) p 0,000 0,05. Kata Kunci : VCT, PPKn, sopan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:01
Last Modified: 20 Oct 2023 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32120

Actions (login required)

View Item View Item