ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN ORANG LAIN MENINGGAL DUNIA BERBASIS KEMANFAATAN (Studi Putusan Nomor : 382/Pid.Sus/2021/PN Spt)

GOJALI, GOJALI (2023) ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN ORANG LAIN MENINGGAL DUNIA BERBASIS KEMANFAATAN (Studi Putusan Nomor : 382/Pid.Sus/2021/PN Spt). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100160_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100160_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertanggungjawaban pidana terhadap kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia di Pengadilan Negeri Sampit, Kelemahan pertanggungjawaban pidana terhadap kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia di Pengadilan Negeri Sampit dan Analisis yuridis pertanggungjawaban pidana terhadap kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia berbasis kemanfaatan. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan socio-legal research, mengkaji persepsi dan perilaku hukum yang terjadi di lapangan, dengan teori yang digunakan pertanggungjawaban hukum dan Teori Keadilan Jeremy Bentham. Hasil penelitian dan pembahasan bahwa 1)Pertanggungjawaban pidana terhadap kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia terdakwa tetap diminta pertanggungjawaban pidana, pihak yang melakukan dan mengakibatkan kecelakaan akan tetap mendapat sanksi hukum, 2)Kelemahan pertanggungjawaban pidana terhadap kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, secara normatife mengenai pasal tentang tindak pidana lalu lintas semuanya bersifat interpretatif, sehingga dapat mengakibatkan disparitas dalam penerapannya. Selain itu sanksi pidana yang diancamkan kurang berat sehingga dianggap tidak responsif terhadap reaksi masyarakat terhadap tindak pidana lalu lintas. Faktor lain kurangnya saksi alat bukti disekitar TKP, Keterangan yang diberikan oleh para saksi, antara saksi yang satu dengan saksi yang lain tidak saling bersesuaian, 3)Analisis yuridis pertanggungjawaban pidana terhadap kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia berbasis kemanfaatan terdakwa harus dinyatakan bersalah dan mempertanggungjawabkan perbuatannya serta dijatuhi hukuman yang setimpal dengan perbuatannya selama 6 (enam) bulan. Kata Kunci : Pertanggungjawaban Pidana, Kelalaian, Korban Meninggal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:42
Last Modified: 19 Oct 2023 07:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32110

Actions (login required)

View Item View Item