PENGAMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL KOPER LITERASI (KOPRI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA KELAS III SD NEGERI JAGALEMPENI 04

Nisa, Ismi Solikhatun (2023) PENGAMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL KOPER LITERASI (KOPRI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA KELAS III SD NEGERI JAGALEMPENI 04. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900043_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900043_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Koper Literasi (KOPRI) sebagai media dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas III SD Negeri Jagalempeni 04. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas III yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Developmnet) dengan tahapan model ADDIE yang terdiri dari analisa, perancangan, development, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalahn analisis uji kelayakan, uji kepraktisan, uji keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan : pengembangan media pembelajaran visual Koper Literasi (KOPRI) layak digunakan sebagai media pembelajaran materi literasi mambaca kelas III berdasarkan validasi ahli media, ahli materi dan pendidik dengan presentase 87% kategori sangat layak, sedangkan berdasarkan uji kepraktisan respon peserta didik dan guru dengan presentase 97% kategori praktis. Hasil uji Paired sample T – Test menunjukkan tingkat signifikan kurang > 0, 05 dengan demikian bisa disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh antar kedua variable. Kesimpulan penelitian ini bahwa media pembelajaran visual koper literasi (KOPRI) memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pemahaman materi penerapan pancasila peserta didik kelas III di SD Negeri Jagalempeni 04. Kata Kunci : Media pembelajaran, Visual, Literasi membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:39
Last Modified: 19 Oct 2023 07:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32107

Actions (login required)

View Item View Item