ANALISIS YURIDIS MODEL PEMIDANAAN PELAKU TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG MELALUI KEJAHATAN NARKOTIKA BERBASIS KEADILAN (Studi Putusan No. 350/Pid.Sus/2022/PN.Plk)

SUKARINALDO, FRANSISCUS (2023) ANALISIS YURIDIS MODEL PEMIDANAAN PELAKU TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG MELALUI KEJAHATAN NARKOTIKA BERBASIS KEADILAN (Studi Putusan No. 350/Pid.Sus/2022/PN.Plk). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100158_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100158_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Pencucian uang atau money laundering adalah rangkaian kegiatan yang merupakan proses yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi terhadap uang haram, yaitu uang dari tindak pidana, dengan maksud menyembunyikan, menyamarkan asal usul uang tersebut dari pemerintah ataupun otoritas yang berwenang melakukan penindakan terhadap tindak pidana dengan cara antara lain dan terutama memasukkan uang tersebut dalam sistem keuangan Sehingga uang tersebut kemudian dapat dikeluarkan dengan sistem keuangan tersebut sebagai uang yang halal. Pencucian uang (money laundering) saat ini telah menjadi suatu fenomena di dunia dan juga menjadi tantangan Internasional. Tidak ada definisi yang universal dan komparatif mengenai pencucian uang dan banyak pihak baik dari pihak penuntut, lembaga penyidik kejahatan, kalangan pengusaha dan perusahaan, Negara-negara maju maupun Negara-negara dunia ketiga masing– masing memiliki definisi sendiri mengenai apa yang disebut pencucian uang berdasarkan prioritas dan perspektif yang berbeda. Pencucian uang pada umumnya berasal dari kegiatan-kegiatan kriminal salah satunya kejahatan narkotika. Metode pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif, Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptifnormatif, sumber data primer dan sekunder serta menggunakan analisis kualitatif. Penulisan ini dianalisis Permasalahan dianalisis dengan teori kepastian hukum dan teori keadilan. Hasil penelitian model pemidanaan pelaku tindak pidana pencucian uang melalui kejahatan narkotika yaitu dengan mengkaji putusan No. 350/Pid.Sus/2022/PN.Plk bahwa terkait pencucian uang dengan pidana asal narkotika terdapat 2 payung aturan hukum yang mengatur yaitu UU nomor 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang dan UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Pada perkara No. 350/Pid.Sus/2022/PN.Plk terdakwa SBH di tuntut dengan Pasal 137 huruf a Undang- Undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Berdasarkan pertimbangan majelis hakim dan dakwaan penuntut umum maka majelis hakim mengadili terdakwa SBH dengan hukuman Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 5 (lima) Tahun dan pidana denda sejumlah Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar oleh Terdakwa, maka diganti dengan pidana penjara selama 3 (tiga) Bulan. Kata Kunci : Tindak Pidana, Pencucian uang, Narkotika

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:38
Last Modified: 19 Oct 2023 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32106

Actions (login required)

View Item View Item