PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS V SDN PRAPAG KIDUL 01 BREBES

Islahyati, Islahyati (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS V SDN PRAPAG KIDUL 01 BREBES. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900041_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V cenderung rendah, hal ini dikarenakan proses kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang hanya berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif dan sulit memahami materi pelajaran yang diberikan. Akibatnya prestasi belajar siswa menjadi menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep matematis. Desain yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs dengan One Group Pretest-Posttest. Populasi dan sampel diambil dari kelas V SD Negeri Prapag Kidul 01 Brebes. Penelitian ini menggunakan Uji Gain untuk mengetagui gambaran umum peningkatan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, dimana data perhitungan menunjukkan 0,3 < (g = 0,575) < 0,7 atau 30% < (g = 57,5%) < 70% dengan interpretasi sedang. Selain itu, uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t Test dengan perolehan ttabel = 2,023 ≤ thitung = 11,940 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan maodel pembelajaran RME berabasis etnomatematika terhadap pemahaman konsep matematis kelas V. Kata Kunci: Model Pembelajaran, RME, Etnomatematika, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:18
Last Modified: 23 Oct 2023 03:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32101

Actions (login required)

View Item View Item