ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VI SDN TRITIS

Hidayah, Fatkhiyatul (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VI SDN TRITIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900030_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900030_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kemampuan komunikasi matematis siswa. Dalam pembelajaran matematika, kemampuan komunikasi sangat penting untuk dimiliki siswa. Karena siswa yang memiliki kemampuan komunikasi baik, maka akan mudah dalam memahami dan menyelesaikan masalah matematika. Akan tetapi pada kenyataanya masih banyak siswa yang masih belum dapat mengkomunikasikan matematika dengan baik. Siswa masih belum dapat memahami maksud dari suatu soal, bagaimana langkah penyelesaiannya, dan apa rumus yang dapat digunakan. Sehingga kemampuan komunikasi matematis yang tinggi benar-benar dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VI SDN Tritis. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil wawancara dan tes menunjukkan bahwa tidak semua siswa kelas VI SDN Tritis memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tinggi. Secara keseluruhan siswa masih memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup rendah karena keseluruhan indikator komunikasi matematis belum dapat terpenuhi. Kata kunci: kemampuan, komunikasi, matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:00
Last Modified: 19 Oct 2023 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32091

Actions (login required)

View Item View Item