PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI KARANGAWEN2

Amalia, Dewi Rizky (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI KARANGAWEN2. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900021_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada mata pelajaran matematika, sehingga diperlukan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini menyebabkan kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran matematika, hal ini pula yang menyebabkan peserta didik kurang mampu menggali potensinya dalam kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yang menggunakan desain pre-eksperimental design dengan bentuk one-grup pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas V sebanyak 28 peserta didik di SD Negeri Karangawen 2. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan uji normalitas pada pretest dan posttest berdistribusi normal. Dari hasil uji hipotesis paired sample t-test menunjukkan hasil Lower bernilai negatif dan Upper bernilai negatif atau Sig. = 0,000 < α = 0,05 maka H_O ditolak dan H_a diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran matematika pada materi perkalian dan pembagian pecahan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe team quiz. Dari hasil uji hipotesis n-gain diperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Artinya terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz, Berpikir Kritis, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:50
Last Modified: 19 Oct 2023 06:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32080

Actions (login required)

View Item View Item