PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI KLIDANG WETAN

Prasetya, Arif Dwi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI KLIDANG WETAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900015_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Klidang Wetan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan desain penelitian yang diterapkan adalah Pre Experimen dengan menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah 25 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest (83,68) lebih tinggi daripada nilai pretest (68,32). Selain itu, hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest memiliki distribusi yang normal. Uji hipotesis pertama, yaitu uji t (paired sample t-test) dengan menggunakan output SPSS, menghasilkan hasil yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Nilai lower dan upper memiliki nilai negatif, yaitu upper sebesar -11.05230 dan lower sebesar -19.66770. Selain itu, nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang kurang dari α = 0,05. Oleh karena itu Ho ditolak, dan Ha diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai pretest dan posttest setelah penerapan model pembelajaran Group Investigation. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Model Group Investigaiton, Hasil Belajar Kognitif, IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:28
Last Modified: 19 Oct 2023 06:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32069

Actions (login required)

View Item View Item