PENGARUH JUMLAH KOMITE AUDIT, AUDITOR INTERNAL, AUDITOR INDEPENDEN, DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY DENGAN KOMPLEKSITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

Cahyani, Argiyanti Arum (2023) PENGARUH JUMLAH KOMITE AUDIT, AUDITOR INTERNAL, AUDITOR INDEPENDEN, DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY DENGAN KOMPLEKSITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31402100135_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402100135_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan hal yang paling terpenting dalam proses pertanggung jawaban, pengukuran dan penilaian kinerja suatu perusahaan. Laporan keuangan haruslah memiliki kualitas yang baik sebelum diserahkan kepada pihak yang membutuhkan, laporan keuangan harus dapat dipahami, relevan, dan laporan keuangan yang dapat disajikan dengan tepat waktu. Audit delay adalah lamanya waktu penyelesaian audit yang diukur dari tanggal penutupan tahun buku hingga diterbitkannya laporan audit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh jumlah komite audit, auditor internal, auditor independen, dan opini audit terhadap Audit delay dengan kompleksitas audit sebagai variabel moderasi. Populasi data adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 465 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari annual report dan laporan keuangan. Data dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa jumlah komite audit, auditor internal, auditor independen, dan opini audit berpengaruh negatif terhadap Audit delay, sedangkan kompleksitas audit berpengaruh positif terhadap Audit delay. Selanjutnya hasil penelitian variabel moderasi diperoleh bahwa kompleksitas audit memoderasi jumlah komite audit, auditor internal, auditor independen, dan opini audit. Kata kunci: Audit Delay, Jumlah Komite Audit, Auditor Internal dan Eksternal, Opini Audit, dan Kompleksitas Audit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:24
Last Modified: 19 Oct 2023 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32067

Actions (login required)

View Item View Item