ANALISIS PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR SISWA TERKAIT DENGAN SLOW LEARNING DI SDN 06 SUWAWAL JEPARA

Ramadhani, Alfina Dias Ristiya (2023) ANALISIS PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR SISWA TERKAIT DENGAN SLOW LEARNING DI SDN 06 SUWAWAL JEPARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900010_fullpdf.pdf

Download (824kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Banyak peserta didik yang ditemui pada setiap kelas yang mengalami kendala dalam belajarnya. Kesulitan belajar yang menyebabkan anak mengalami keterlambatan belajar dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor dari diri masing masing individu peserta didik. Faktor faktor yang dimiliki setiap individu berbeda satu sama lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui terjadinya problematika mengenai peserta didik yang berkategori slow learning, menganalisis permasalahannya dan cara penanganan atau strategi dari guru dalam menanggapi peserta didik slow learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Analisis yang digunakan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajarnya menyebabkan pengaruh dalam dirinya, peserta tersebut mengalami keterlambatan dalam belajarnya dikarenakan beberapa faktor yang terjadi kepada dirinya baik dari faktor dalam (intern) maupun faktor (ekstern). Berbeda dengan Anak Berkebutuhan Khusus pada umumnya, hanya saja peserta didik slow learning memiliki kemampuan lebih lambat dalam belajarnya bukan karena bawaan dari lahir dan tidak dapat terlihat juga dari fisiknya. Strategi atau cara penanganan tersendiri dari guru untuk menanggapi peserta didik tersebut salah satunya dengan cara sabar dan telaten dalam mendampingi peserta didik slow learning dan memberikan pendampingan mandiri di waktu lain untuk lebih merangkul peserta didik slow learning agar kesulitan belajar yang dimiliki segera perlahan menjadi lebih baik seperti peserta didik lainnya. Kata kunci: siswa, problematika, slow learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:22
Last Modified: 19 Oct 2023 06:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32064

Actions (login required)

View Item View Item