PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI MI SUNAN KALIJAGA SAYUNG DEMAK

Wahid, Abdurrohman (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI MI SUNAN KALIJAGA SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900006_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran berbantukan media belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kurangnya variasi dan inovasi guru dalam mengajar dan kurangnya penggunaan sumber dan media belajar serta kurang ketelitian siswa dalam memahami soal berbentuk cerita pada jenjang sekolah dasar terkhusus pada mata pelajaran matematika. Tujuan utama dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantukan media Komik terhadap hasil belajar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan jenis Design One Group Pretest-Postetst. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 21 siswa kelas IV MI Sunan Kalijaga Sayung Demak. Hasil dari penelitian berupa nilai Pretest dan Posttest yang telah diuji normalitas berdistribusi normal. Dilihat dari hasil Pretest output SPSS dan kolom sig. yang bernilai 0,200 >α (0,05) yang berarti data berdistribusi normal. Dari hasil Posttest output SPSS pada kolom sig. yang bernilai 0,252 >α (0,05) yang berarti data berdistribusi normal. Dari hasil uji paired sample t-test menunjukkan hasil sig. (2-tailed) 0,000. Jika sig. (2-tailed) 0,000 >α (0,05) maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning berbantukan media Komik terhadap hasil belajar kognitif matematika dan pada uji Gain Ternormalisasi berdasarkan data ada 6 siswa hasil belajarnya meningkat kategori tinggi, dan 15 siswa meningkat kategori sedang. Kata Kunci: Problem Based Learning, komik, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:18
Last Modified: 19 Oct 2023 06:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32060

Actions (login required)

View Item View Item