PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SD NEGERI GADU 01

Hartono, Dwi (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SD NEGERI GADU 01. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900002_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900002_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian eksperimen. Menurut yang dilakukan oleh jaedun, penelitian eksperimen merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara memberikan treatment/perlakuan terhadap subjek yang akan diteliti. Desain yang digunakan pre-experimental design dengan jenis desain one group pretest-postest. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media komik terhadap kemampuan membaca intensif siswa SD Negeri Gadu 01. Variabel dalam penelitian ini yaitu penggunaan media komik sebagai variabel independent (variabel bebas) dan kemampuan membaca intensif sebagai variabel dependent (variabel terikat) pada siswa kelas IV SD Negri Gadu 01. Berdasarkan dari rumusan masalah, hipotesis dan hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri Gadu 01 pada siswa kelas IV berjumlah 9 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penelitian dengan judul “ Pengaruh Media Komik Terhadap Ketrampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV”. Dari data pre test yang diperoleh rata rata hasil yang didapatkan siswa yaitu 25,22 kemudian dilakukan post test dengan menerapkan media komik maka memperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebsar 34,22. Berdasarkan uji N gain score persen memperoleh hasil 62,94% sehingga termasuk kategori cukup efektif. Berdasarkan Uji Paired sample T test yang telah dilakukan hasil signifikansi (2-taired) sebesar 0,000 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima maka terdapat perbedaan yang signifikan atau nyata antara hasil belajar pada data pre test dan post test. Kata kunci : pengaruh media, media komik, membaca intensif,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:16
Last Modified: 19 Oct 2023 06:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32059

Actions (login required)

View Item View Item