PENGARUH SIKAP DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD ISLAM DARUL HUDA

Setio, Wahyu (2023) PENGARUH SIKAP DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD ISLAM DARUL HUDA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301600828_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301600828_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh sikap disiplin siswa terhadap hasil belajar pada kelas V Sekolah Dasar Islam Darul Huda Semarang. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V V Sekolah Dasar Islam Darul Huda Semarang tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 40 siswa dan seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Variabel penelitian meliputi sikap disiplin sebagai variable independen dan hasil belajar sebagai variable dependen. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan cara uji Liliefors dan uji liniearitas. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sikap disiplin terhadap hasil belajar siswa. Ditunjukkan oleh hasil koefisien korelasi (R) sebesar 0,752 dan koefisien determinasi (R2) 56,5%. Nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa 56,5% hasil belajar dipengaruhi oleh sikap disiplin siswa. Kesimpulan dari penelitian ada pengaruh yang signifikan sikap disiplin siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Darul Huda Semarang. Kata kunci : hasil belajar, sikap disiplin, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:51
Last Modified: 20 Oct 2023 06:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32055

Actions (login required)

View Item View Item