FAHADRA, LINGGA (2023) SISTEM CHATBOT LAYANAN INFORMASI TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN METODE LONG SHORT-TERM MEMORY (LSTM). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Teknik Informatika_32601900014_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Teknik Informatika_32601900014_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
Abstract
Teknologi berkembang pesat, termasuk kecerdasan buatan seperti chatbot. Chatbot memiliki manfaat mengurangi biaya dan memberikan akses instan 24/7. Meski demikian, Program Studi Teknik Informatika masih menjalankan kegiatan secara konvensional, khususnya dalam hal informasi Tugas Akhir. Pada dasarnya Program Studi Teknik Informatika sudah memiliki buku panduan Tugas Akhir, namun jika ingin mencari informasi harus membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membacanya. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan menerapkan algoritma Long Short-Term Memory (LSTM) pada chatbot informasi tugas akhir perguruan tinggi. Tahapannya: pengumpulan dan eksplorasi data, persiapan data, pembangunan dan pelatihan model LSTM, serta pengujian dengan confusion matrix. Hasil pengujian menunjukkan accuracy 94,41%, precision 95,63%, dan recall 94,41%. Ini menandakan model LSTM efektif merespons pertanyaan tugas akhir. Hasil ini mendukung penggunaan chatbot LSTM sebagai layanan informasi di perguruan tinggi, membantu mahasiswa mengakses informasi tugas akhir lebih mudah dan efisien. Kata Kunci: Chatbot, Long Short-Term Memory, LSTM, Deep Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 07:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 07:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32030 |
Actions (login required)
View Item |