REHABILITASI TERHADAP ANAK PENYALAHGUNA PSIKOTROPIKA DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA KENDAL (Studi Kasus di Badan Narkotika Nasional Kota Kendal)

Effendi, Yusuf (2023) REHABILITASI TERHADAP ANAK PENYALAHGUNA PSIKOTROPIKA DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA KENDAL (Studi Kasus di Badan Narkotika Nasional Kota Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302200658_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302200658_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

Penyalahgunaan psikotropika pada anak merupakan masalah klasik di bidang hukum dan angkanya semakin meningkat seiring kemajuan zaman. Meskipun sudah terdapat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Psikotropika serta UndangUndang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak akan tetapi masih belum cukup untuk mengantisipasi penyalahgunaan psikotropika pada anak. Dalam kasus ini diperlukan keterlibatan dari berbagai pihak baik orangtua, pemerintah, dan Badan Narkotika Nasional untuk mencegah maraknya pennggunaan secara ilegal obat-obatan terlarang tersebut. Metode penulisan penelitian ini penulis menggunakan metode Yuridis Sosiologis, yaitu menjabarkan penelitian yang bertujuan untuk memperoleh data secara empiris dengan cara mengamati secara langsung objek dengan ilmu sosial lainnya. Tujuan dalam penulisan penelitian ini, untuk mengetahui faktor-faktor anak terlibat dalam penyalahgunaan psikotropika. Untuk mengetahui upaya rehabilitasi yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kota Kendal dalam penyalahgunaan psikotropika pada anak. Hasil penelitian dari penelitian diatas menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan anak menyalahgunakan psikotropika seperti kurangnya peran orangtua, pengaruh lingkungan sosial, serta stres dan tekanan emosional. Upaya rehabilitasi yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Kota Kendal meliputi detoksifikasi, evaluasi dan perencanaan, terapi perilaku hingga terminasi program. Kata Kunci : Rehabilitasi, Anak, Psikotropika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:14
Last Modified: 19 Oct 2023 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32024

Actions (login required)

View Item View Item