PENGARUH PENERAPAN SAP, SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KUALITAS SDM, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada OPD Kota Semarang, Jawa Tengah)

Rahmawati, Ratna (2023) PENGARUH PENERAPAN SAP, SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KUALITAS SDM, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada OPD Kota Semarang, Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31402000247_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000247_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Penerapan SAP, Sistem Informasi Manajemen Daerah, Sistem Pengendalian Internal, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Laporan Keuangan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dengan menggunakan metode explanatory research yang menjelaskan tentang kaitan antara variabel satu dengan variabel lainnya atau lebih. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner yang akan disebar sebanyak 90 kuesioner atau responden pada 30 OPD di Kota Semarang guna memperoleh informasi yang relevan dengan reliabilitas dan validitas setinggi mungkin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan SAP, Sistem Informasi Manajemen Daerah, Sistem Pengendalian Internal, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Budaya Organisasi memiliki pengaruh yang signifikan positif secara simultan terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk pemerintah daerah dalam menjaga dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang berkualitas dengan memberikan pelatihan ataupun keterampilan yang berkaitan dengan keuangan dan akuntansi. Memaksimalkan pemanfaatan dari sistem pengendalian internal secara efektif dan mengimplementasikan standar akuntansi pemerintah dan sistem informasi manajemen daerah secara tepat dan lengkap. Serta dengan menerapkan budaya organisasi yang baik di lingkungan instansi pemerintah daerah atau organisasi perangkat daerah di Kota Semarang guna meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Kata Kunci : Implementasi, Kualitas Laporan Keuangan, Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:28
Last Modified: 19 Oct 2023 02:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32019

Actions (login required)

View Item View Item