HUBUNGAN POLA MAKAN DAN STATUS EKONOMI TERHADAP KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAYUNG II KABUPATEN DEMAK

KHANIFAH, NURUL (2023) HUBUNGAN POLA MAKAN DAN STATUS EKONOMI TERHADAP KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAYUNG II KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
32101900027_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anemia dalam kehamilan adalah kondisi kadar hemoglobin (hb) diawah batas normal yaitu di bawah 11 gr/dl pada trimester I dan III, serta hb kurang dari 10,5 gr/dl. Dalam masa kehamilan rentan mengalami anemia dikarenakan adanya perubahan fisik salah satunya akibat proses hemodilusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dan status ekonomi terhadap kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Sayung II Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian jenis survey analitik dengan design cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 51 ibu hamil yang dipilih dengan teknik non-probability sampling. Hubungan pola makan dianalisis menggunakan chi square hubungan status ekonomi dengan anemia pada ibu hamil dianalisis dengan uji fisher exact test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat responden dengan pola makan baik dan buruk, serta berstatus rendah dan tinggi. Uji chi square menunjukkan hasil p-value yaitu 0,000 dan hasil uji fisher exact test menunjukkan hasil p-value yaitu 1,000. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan pola makan dengankejadian anemia pada ibu hamil, dan tidak ada hubungan antara status ekonomi dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Kata kunci: anemia, ibu hamil, pola makan, status ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:08
Last Modified: 19 Oct 2023 02:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32011

Actions (login required)

View Item View Item