HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU ORANG TUA DALAM PEMBERIAN PENDIDIKAN SEKS ANAK DI DUSUN KESAMBI DESA PRUPUK SELATAN KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL

KUSTATI, AMI LINDA (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU ORANG TUA DALAM PEMBERIAN PENDIDIKAN SEKS ANAK DI DUSUN KESAMBI DESA PRUPUK SELATAN KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
32101900032_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Orang tua Sebagai tokoh utama dalam pemberian pendidikan seks, pendidikan seks menjadi penting mengingat banyaknya kasus kekerasan seksual terhadap anak. Meningkatnya kasus kekerasan merupakan bukti nyata kurangnya pengetahuan anak mengenai pendidikan seks yang seharusnya mereka terima dari orang tuanya sejak usia satu tahun. Perilaku pemberian pendidikan seks kepada anak haruslah sabar dan terus diulang-ulang agar anak mengerti. Orang tua juga dapat mengajari anak untuk melindungi diri sendiri dan berani mengatakan tidak ketika ada seseorang yang mencoba membuat anaknya membuka pakaian. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku orang tua dalam pemberian pendidikan seks anak di Dusun Kesambi Desa Prupuk Selatan Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Metode : penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan Cross-Sectional. Sampel sebanyak 62 dengan teknik random sampling, dengan cara mengundi pada setiap RT-nya. Hasil : Hubungan pengetahuan dengan perilaku orang tua dalam pemberian pendidikan seks yaitu p-value 0,000 dan OR= 28,889. Kesimpulan : Ada hubungan pengetahuan dengan perilaku orang tua dalam pemberian pendidikan seks anak di Dusun Kesambi Desa Prupuk Selatan Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal dengan OR = 28,889 artinya pengetahuan yang baik lebih besar akan memberikan perilaku positif dalam pemberian pendidikan seks anak. Kata kunci: Pengetahuan; Perilaku; Pendidikan seks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:03
Last Modified: 19 Oct 2023 02:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32006

Actions (login required)

View Item View Item