PENGARUH BREASTFEEDING FLASH CARD SEBAGAI MEDIA INNOVATION BASED LEARNING TERHADAP SIKAP MAHASISWI KEBIDANAN UNISSULA TERKAIT ASI EKSKLUSIF

APRILIA, NISA (2023) PENGARUH BREASTFEEDING FLASH CARD SEBAGAI MEDIA INNOVATION BASED LEARNING TERHADAP SIKAP MAHASISWI KEBIDANAN UNISSULA TERKAIT ASI EKSKLUSIF. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
32101900048_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara nasional, cakupan ASI meningkat pada tahun 2019 (66.69%) menjadi (71.58%) pada tahun 2021. Hal tersebut belum memenuhi target yang ditetapkan oleh WHO ataupun Kementerian Kesehatan yaitu 80%. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan ASI eksklusif salah satunya faktor dukungan tenaga kesehatan. Bidan merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam mempromosikan ASI eksklusif. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan sikap positif bidan terhadap menyusui dengan memberikan pendidikan pada masa studi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh breastfeeding flash card sebagai media innovation based learning terhadap sikap mahasiswi kebidanan terkait ASI Eksklusif. Penelitian ini dilaksanakan di Kebidanan Unissula dengan jumlah sampel sebanyak 63 orang. Penelitian ini termasuk kuantitatif kuasi eksperimen dengan kelompok kontrol (N=32) dan kelompok eksperimen (N=31) Pre-Test and Post-Test Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner sikap. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Mann-Whitney. Hasil Analisis Univariat menyatakan ada perbedaan sikap sebelum dan sesudah intervensi yaitu pada kelompok kontrol yang awalnya bersikap positif 11 orang menjadi 16 orang dan kelompok eksperimen yang awalnya 6 orang menjadi 7 orang. Analisis Bivariat dengan Uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap sikap mahasiswi kebidanan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan nilai masing-masing kelompok (0,000). Uji Mann-Whitney menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen dengan nilai (0,097). Pendididikan Kesehatan pada masa studi efektif meningkatkan sikap dengan memberikan berbagai macam metode pembelajaran. Kata Kunci: ASI Eksklusif, Sikap, Intervensi Pendidikan, Flash Card

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:10
Last Modified: 19 Oct 2023 07:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31994

Actions (login required)

View Item View Item