SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PESTISIDA UNTUK TANAMAN PADI PADA TOKO SUMBER BERKAH TANI MENGGUNAKAN METODE FUZZY WEIGHTED AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESSMENT ( FUZZY WASPAS)

Hidayat, Muhammad Syarif (2023) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PESTISIDA UNTUK TANAMAN PADI PADA TOKO SUMBER BERKAH TANI MENGGUNAKAN METODE FUZZY WEIGHTED AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESSMENT ( FUZZY WASPAS). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Informatika_32601601060_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Informatika_32601601060_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Pemilihan pestisida biasanya dilakukan dengan menggunakan pestisida yang tersedia, namun terkadang disalahgunakan sehingga menghasilkan hasil yang kurang optimal. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang membantu dalam pemilihan pestisida padi dengan memberikan data penggunaan pestisida pada tanaman padi berdasarkan hama tanaman dan ukuran volume serta luas area tanam padi yang dicover. Kriteria penilaian pemilihan pestisida pada tanaman padi menggunakan metode fuzzy weighted aggregated sum product assesment (fuzzy WASPAS) yang meliputi harga, ukuran, dan luas. Proses pemeringkatan dengan metode fuzzy weighted aggregated sum product assesment (fuzzy WASPAS) menggunakan tiga kriteria penilaian yaitu harga dengan bobot 50%, ukuran dengan bobot 30% dan luas dengan bobot 20%. Berdasarkan dengan hasil yang dicapai dibuatnya sistem ini yaitu bisa membantu para petani untuk memilih pestisida sesuai perhitungan metode fuzzy weighted aggregated sum product assesment (fuzzy WASPAS) Kata Kunci : Pestisida, Padi, Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Aggregated Sum Product Assesment (fuzzy WASPAS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:33
Last Modified: 19 Oct 2023 01:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31986

Actions (login required)

View Item View Item