ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM ATAS WANPRESTASI OLEH PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PEMBUATAN KAROSERI (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN MAJU JAYA)

ISRO’I, ISRO’I (2023) ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM ATAS WANPRESTASI OLEH PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PEMBUATAN KAROSERI (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN MAJU JAYA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000513_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000513_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Dengan adanya sebuah hukum yang dibuat untuk mengatur kehidupan sosial masyarakat dalam menghasilkan sebuah tatanan masyarakat yang aman, tentram, dan damai tanpa sebuah gangguan maka bagi setiap individu wajib mematuhi hukum tersebut walaupun tidak mengetahui hukum tersebut. Dalam melakukan perjanjian pembuatan karoseri di perusahaan karoseri maju jaya dengan para pihak terkadang terjadi sebuah sengketa tidak terpenuhnya prestasi para pihak, maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut 1) Bagaimana peirtangguingjawaban huikuim para pihak dalam wanpreistasi peirjanjian peimbuiatan karoseiri (peiruisahaan majui jaya)? 2) Bagaimana peinyeileisaiaan teirhadap wanpreistasi dalam peirjanjian peimbuiatan karoseiri (peiruisahaan majui jaya)? Seidangkan tuijuian dari peineilitian ini yaitui 1) uintuik meingeitahuii bagaimana peirtangguingjawaban huikuim para pihak dalam wanpreistasi peirjanjian peimbuiatan karoseiri, dan 2) uintuik meingeitahuii peinyeileisaian teirhadap wanpreistasi dalam peirjanjian peimbuiatan karoseiri. Meitodei dalama peineilitian ini meingguinakan meitodei peindeikatan peineilitian yuiridis eimpiris, peindeikatan peineilitian yuiridis eimpiris ini teirmasuik riseit yang banyak dilakuikan deingan kajian ilmui-ilmui sosial teirhadap huikuim seibagai geijala dan feinomeina yang dapat diamanti. Meitodei peinguimpuilan data meingguinakan teiknik wawancara dan stuidi keipuistakaan. Peineiliti meilakuikan wawancara keipada narasuimbeir beirtuijuian uintuik meinggali informasi meingeinai peirjanjian peimbuiatan karoseiri di peiruisahaan karoseiri majui jaya. Hasil peineilitian meinuinjuikan peilaksanaan peirjanjian peimbuiatan karoseiri di peiruisahaan karoseiri majui jaya diikat deingan peirjanjian yang dapat teirlaksana apabila proseiduir, hak dan keiwajiban dapat dipahami deingan beinar oleih para pihak, tangguingjawab huikuim para pihak apabila teirjadi wanpreistasi yang di lakuikan yaitui deingan meingganti keiruigian yang dideirita oleih pihak yang diruigikan, dan peinyeileisaian wanpreistasi apabila teirjadi yaitui leibih didominasi deingan meindeipankan peinyeileisaian non-litiagasi seipeirti meidiasi. KATA KUNCI: PERJANJIAN, KAROSERI, DAN WANPRESTASI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:32
Last Modified: 19 Oct 2023 01:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31985

Actions (login required)

View Item View Item