GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG ANEMIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG JAWA TENGAH

NURJANAH, SITI (2023) GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG ANEMIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
32101900056_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Menurut WHO tahun 2021 kejadian anemia pada ibu postpartum sebesar 56%. Anemia adalah salah satu faktor penyebab AKI (angka kematian ibu) secara tidak langsung yang disebabkan oleh perdarahan pasca persalinan yang dapat menyebabkan menurunnya kadar Hb dalam darah yang menyebabkan kematian pada ibu postpartum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Bangetayu Kecamatan Genuk Kota Semarang Jawa Tengah. Penelitian dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Bangetayu Kecamatan Genuk Kota Semarang Jawa Tengah. Metode: penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasinya adalah ibu nifas 151 dengan jumlah sampel 48 responden yang diambil pada tanggal 23-26 Agustus 2023. Instrument penelitian ini menggunakan alat ukur kuesioner atau lembar jawab. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengetahuan ibu nifas berdasarkan karakteristik pendidikan sebagian besar berpendidikan SMA termasuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 34 responden (70,8%). Berdasarkan karakteristik pekerjaan sebagian besar ibu menjadi ibu rumah tangga dalam kategori cukup yaitu sebesar 35 responden (72,9%). Berdasarkan karakteristik paritas sebagian besar ibu multipara dalam kategori baik yaitu sebesar 38 responden (79,2%). Berdasarkan karakteristik usia sebagian besar ibu berusia 20-35 tahun dalam kategori baik yaitu sebesar 41 responden (85,4%). Berdasarkan tingkat pengetahuan ibu nifas tenhtang anemia Sebagian besar pengetahuan ibu cukup yaitu sebesar 30 responden (62,5%). Kesimpulan: pengetahuan ibu nifas tentang anemia di kategorikan baik sebanyak 30 ibu nifas dengan presentase 62,5%. Penulis menyarankan untuk ibu nifas wilayah kerja puskesmas bangetayu kecamatan genuk kota semarang jawa tengah dapat meningkatkan pemahaman tentang anemia ibu nifas. Kata Kunci: anemia ibu nifas, Pendidikan, pekerjaan, paritas, usia, tingkat pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:08
Last Modified: 19 Oct 2023 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31975

Actions (login required)

View Item View Item