PENGARUH PERMAINAN MAZE TERHADAP KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK UMUR 24 - 36 BULAN DI KELURAHAN GEBANGSARI KOTA SEMARANG

SUTINAH, SUTINAH (2023) PENGARUH PERMAINAN MAZE TERHADAP KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK UMUR 24 - 36 BULAN DI KELURAHAN GEBANGSARI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
32101900057_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak-anak yang terbiasa menggunakan popok akan memiliki efek psikologis yang buruk karena mereka akan terbiasa membuang air besar (BAB) dan air kecil (BAK) tidak pada tempatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan maze berdampak pada keberhasilan pembelajaran toilet pada anak-anak berusia 24 hingga 36 bulan di Kelurahan Gebangsari Kota Semarang. Penelitian kuantitatif dengan rancangan pre-eksperimenal design. Penelitian ini menggunakan 15 responden, studi ini dilakukan dari Februari hingga Maret 2023 di Kelurahan Gebangsari Kota Semarang. Hasil menunjukan bahwa permainan maze memiliki pengaruh terhadap keberhasilan instruksi toilet pada anak-anak berusia 24 hingga 36 bulan di Kelurahan Gebangsari Kota Semarang, dengan nilai ρ = 0,026 < α = 0,05, yang merupakan hasil dari uji statistik yang dilakukan menggunakan SPSS dengan uji Fisher exact. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan maze memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan pelatihan toilet pada anak-anak berusia antara 24 dan 36 bulan di Kelurahan Gebangsari Kota Semarang. Diharapkan orang tua menjadi lebih semangat saat melakukan pelatihan toilet pada anak-anak mereka. Kata kunci : Toilet training; permainan maze; Anak usia 24-36 bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:07
Last Modified: 19 Oct 2023 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31973

Actions (login required)

View Item View Item