HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG ANTENATAL CARE DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS MIJEN II KABUPATEN DEMAK

HUSNIYAH, IMAMATUL (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG ANTENATAL CARE DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS MIJEN II KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
32101900064_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : ANC merupakan perawatan medis ibu hamil yang dilakukan oleh spesialis terlatih sesuai dengan kriteria. Cakupan kunjungan ANC ibu hamil ke tenaga kesehatan berdasarkan pada standar Kemenkes yang telah ditetapkan minimal 6 kali. Kunjungan sebaiknya dilangsungkan sedikitnya 2 kali yaitu pemeriksaan oleh dokter ketika kunjungan pertama di trisemester 1 dan ketika kunjungan kedua yakni pada trisemeter 3. Ibu hamil di Puskesmas Mijen II Kabupaten Demak tidak teratur melakukan ANC dan responden mengetahui bahwa kunjungan ANC selama kehamilan itu penting tetapi tidak dilakukan dengan teratur dan beralasan malas, bekerja, tidak terdapat keluhan, dan ekonomi kurang. Tujuan : Agar mengetahui hubungan diantara pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang ANC dengan kunjungan ANC di Puskesmas Mijen II Kabupaten Demak. Metode : Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif desain analitik deingan pendekatan Cross sectional. Sampel dalam penelitian sebanyak 39 responden melalui teknik Purposive sampling. Uji Chi Square dipakai sebagai analisa data pada penelitian. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya ada 38 responden ibu hamil (97,4%) berpengetahuan baik mengenai ANC, 1 responden (2,6%) mempunyai pengetahuan kurang baik mengenai ANC. Terdapat 19 responden ibu hamil (48,7%) mempunyai sikap positif pada ANC, 20 responden (51,3%) mempunyai sikap negatif terkait ANC. Sejumlah 14 responden ibu hamil (35,9%) mempunyai kunjungan ANC teratur, sementara 25 responden (64,1%) mempunyai kunjungan tidak teratur. Hasil analisis hubungan pengetahuan ibu hamil dengan kunjungan ANC menunjukkan nilai p- value= 0,176 dan hasil analisis sikap ibu hamil dengan kunjungan ANC menunjukkan nilai p-value= 0,060. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan diantara pengetahuan maupun sikap ibu hamil terhadap kunjungan ANC di Puskesmas Mijen II Demak. Kata kunci : Antenatal Care (ANC), Pengetahuan Ibu Hamil, Sikap Ibu Hamil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:10
Last Modified: 18 Oct 2023 03:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31965

Actions (login required)

View Item View Item