GAMBARAN PRESPEKTIF KLIEN TENTANG IMPLEMENTASI WOMEN CENTERED CARE DALAM PELAYANAN MATERNAL DI PMB ESTI WIJAYANTI SEMARANG

AZZAHROH, NUSHOIBAH (2023) GAMBARAN PRESPEKTIF KLIEN TENTANG IMPLEMENTASI WOMEN CENTERED CARE DALAM PELAYANAN MATERNAL DI PMB ESTI WIJAYANTI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
32102000014_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah yang sering kali dialami oleh ibu dalam masa kehamilan, bersalin, nifas dan KB adalah pengalaman kurang baik dalam menerima asuhan sehingga ibu mengalami trauma, tingginya angka kesakitan ibu, bahkan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI). Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya permasalahan ini, diantaranya faktor internal (dari karakteristik atau ibu sendiri) dan faktor eksternal (dari pemberi layanan). WHO merekomendasikan kerangka program kerja Positive Childbirth Experience atau pengalaman bersalin yang positif dengan salah satu program pendukungnya adalah Women Centered Care (WCC) atau asuhan yang berpusat pada wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prespektif klien tentang implementasi WCC dalam pelayanan maternal di PMB Esti Wijayanti Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan total 36 sampel ibu yang pernah menerima pelayanan hamil, bersalin, nifas dan KB dalam kurun waktu Maret –- Agustus 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan desain cross sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang diadopsi dari Belanda yaitu Client Centered Care Questionnare (CCCQ). Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran prespektif responden tentang implementasi WCC dalam pelayanan maternal di PMB Esti Wijayanti Semarang dalam kategori baik dengan skor rata-rata 8,3, rata-rata nilai tertinggi 8,67 dan rata-rata nilai terendah 8. Kata kunci : Bidan, CCCQ, implementasi WCC, pelayanan maternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:07
Last Modified: 18 Oct 2023 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31957

Actions (login required)

View Item View Item