ANALISIS PENGENDALIAN BAHAN BAKU DENGAN PENDEKATAN TEKNIK LOT SIZING DALAM MENDUKUNG SISTEM MRP (MATERIAL REQUIREMENT PLANNING)

RAMADHAN, AFIF ILHAM (2023) ANALISIS PENGENDALIAN BAHAN BAKU DENGAN PENDEKATAN TEKNIK LOT SIZING DALAM MENDUKUNG SISTEM MRP (MATERIAL REQUIREMENT PLANNING). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31602000096_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Teknik Industri_31602000096_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

UMKM Yuli Kaca merupakan salah satu industri kecil di Semarang yang bergerak dibidang pembuatan mebel alumunium seperti etalase toko, rak piring, almari baju, dan lainnya. Dalam manajemen produksinya, UMKM Yuli Kaca belum sepenuhnya memaksimalkan pengolahan informasi mengenai perencanaan kebutuhan bahan baku, akibatnya terjadi penambahan biaya pemeliharaan dan penyimpanan dalam gudang, serta kemungkinan terjadinya penyusutan dan kualitas yang tidak bisa dipertahankan, sehingga semuanya ini akan mengurangi keuntungan perusahaan. Sistem Material Requirement Planning membutuhkan beberapa tahapan proses pengolahan data, forecasting metode peramalan linear regression dengan MAD 7,74, MSE 76,8 dan MAPE 17%. Sedangkan untuk lottingnya menggunakan metode economic order quantity menghasilkan biaya akhir sejumlah Rp. 26.411.670, metode period order quantity menghasilkan biaya akhir sejumlah Rp. 2.405.300 dan metode lot for lot menghasilkan biaya akhir sejumlah Rp. 2.320.000. Dengan begitu metode MRP dapat menjadi alternative solusi permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Yuli Kaca untuk perencanaan persediaan bahan baku produk lemari kaca aluminium. Kata Kunci: Material Requirement Planning, lotting, persediaan bahan baku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:20
Last Modified: 19 Oct 2023 01:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31950

Actions (login required)

View Item View Item