ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD, ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP), DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX) (Studi Kasus PT X)

FAUZIYYAH, HASNA LULU (2023) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD, ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP), DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX) (Studi Kasus PT X). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900104_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900104_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT X merupakan perusahaan agribisnis. PT X saat ini telah melakukan pengukuran kinerja perusahaan secara rutin yaitu sesuai dengan penilaian Y dan juga sesuai dengan penialaian kinerja X Group, tetapi hal tersebut belum komprehensif, Data historis evaluasi kinerja korporasi dari aspek finansial, perusahaan selama tiga tahun terakhir menunjukkan bahwa hasil kinerja perusahaan mengalami kerugian apabila dilihat dari laba yang didapatkan, yang artinya hasil capaian tersebut belum sesuai target perusahaan, dari hal tersebut PT X perlu melakukan pengukuran kinerja dengan beberapa aspek yang komprehensif untuk menilai keberhasilan manajemennya dan agar dapat menilai kinerja perusahaan secara menyeluruh sehingga akan mudah untuk menyikapi tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk perbaikan. Metode yang sesuai untuk digunakan dalam permasalahan yang terjadi yaitu Balanced Scorecard dimulai dengan penentuan tujuan strategis dan Key Performance Indicator (KPI), selanjutnya KPI dilakukan pembobotan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), kemudian dari setiap KPI dilakukan penilaian performansi dengan membandingkan tahun berjalan dengan tahun sebelumnya menggunakan metode Objective Matrix (OMAX), dan hasil produktivitas diklasifikasikan menggunakan metode Traffic Light System (TLS). Hasil dari penelitian diketahui bahwa penilaian performansi, tahun 2022 mengalami kenaikan 14,16% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, serta diketahui KPI yang memiliki performansi rendah yaitu indikator EBITDA, Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Return on Investment (ROI), kepuasan pelanggan, image perusahaan, produktivitas karet, produktivitas tebu, pendapatan penjualan, dan pendapatan agrowisata. Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, Balanced Scorecard, Analytical Hierarchy Process (AHP), Objective Matrix (OMAX), Traffic Light System (TLS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:20
Last Modified: 19 Oct 2023 01:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31949

Actions (login required)

View Item View Item