ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK KRAN AIR PVC TYPE AMK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DI PT. TARINDO

Habibah, Vita Nur (2023) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK KRAN AIR PVC TYPE AMK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DI PT. TARINDO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900080_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900080_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)

Abstract

PT. Tarindo merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang industri kerajinan kuningan yang memproduksi kran air kuningan dan kran air pvc dengan merk “AMICO” yang terdiri dari beberapa jenis. Berdasarkan data yang peneliti dapatkan selama bulan Mei 2022 sampai dengan bulan April 2023 PT. Tarindo memiliki permasalahan terkait kualitas pada proses perakitan kran air pvc type AMK. Perusahaan telah menetapkan standar kecacatan produk untuk proses perakitan sebesar 10%. Pada proses perakitan kran air pvc type AMK dengan total produk sebesar 2.237.525 dan total cacat sebesar 291.836 dengan rata – rata 13%. Jenis cacat yang terjadi pada proses perakitan kran air pvc type AMK adalah bocor saringan, bocor stell handle dan cacat bocor sambungan. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan dengan menggunakan diagram pareto maka dari 3 jenis cacat tersebut terdapat 2 cacat dengan total presentase komulatif berada di angka 81% yaitu cacat bocor saringan sebesar 44% dan cacat bocor stell handle sebesar 37% sehingga perbaikan utama difokuskan pada 2 jenis cacat tersebut. Dengan menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) maka dapat diketaui faktor penyebab cacat bocor saringan dan cacat bocor stell handle adalah manusia, material, mesin, metode dan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan RPN tertinggi pada setiap jenis cacatnya yaitu cacat bocor saringan dengan penyebab cacat kurangnya tekanan pada gotri dengan skor RPN 360 dengan calculation level very hihg sehingga diberikan usulan perbaikan Perlu diadakannya pelatihan dalam proses perakitan dan pekerja diberikan peringatan agar tekanan gotri lebih kencang lagi untuk memastikan tekanan gotri sudah pas. Cacat bocor stell handle dengan penyebab cacat putaran screw driver kurang dengan skor RPN 360 dengan calculation level very hihg sehingga diberikan usulan perbaikan perlu diadakannya pelatihan dalam proses perakitan dan Pekerja diberikan peringatan untuk memastikan putaran screw driver sudah pas. Kata Kunci : Cacat Produk, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Fault Tree Analysis (FTA), Kran Air PVC, Pengendalian Kualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:05
Last Modified: 18 Oct 2023 04:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31947

Actions (login required)

View Item View Item