PERANCANGAN PERBAIKAN DESAIN PRODUK KOMPONEN MESIN HINGE LID PACKER (HLP) DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

PRIMUSTAFA, ULIN ADHIRA (2023) PERANCANGAN PERBAIKAN DESAIN PRODUK KOMPONEN MESIN HINGE LID PACKER (HLP) DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900078_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900078_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)

Abstract

CV. Mitra Engineering Sentosa (MIENSA) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produk automotive parts yang memproduksi suku cadang seperti shaft, gear, baut mur dll. Pada tahun 2022 ini, CV. MIENSA melakukan pengembangan produk dengan membuat produk baru yaitu mesin Hinge Lid Packer (HLP). Pada proses produksi mesin HLP terdapat masalah pada bagian komponen fast moving. Komponen tersebut sering mengalami benturan dengan komponen lainya saat fast moving membawa batang rokok ke proses packingan rokok. Hal ini menyebabkan kerusakan dan settingan mesin berubah, selain itu juga akan menghambat proses produksi mesin yang bisa menyebabkan kerugian. Hal ini dikarenakan komponen fast moving yang terbuat dari material keras dan padat sehingga perlu diadakan perbaikan pada produk tersebut. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, peneliti akan menggunakan metode Quality Function Deployment untuk mengetahui atribut atau kebutuhan yang diharapkan perusahaan agar dapat memberikan solusi dan perbaikan. Setelah dilakukannya pengolahan data diperoleh hasil yaitu pergantian material yang sebelumnya menggunakan POM menjadi plastik PE, kemudian kualitas material yang keras menjadi elastis, dan proses produksi diganti menjadi molding injection. Kemudian menghasilkan analisa ekonomi karena kerugian sebelumnya disebabkan adanya benturan terhadap komponen lainya. Benturan tersebut harus dilakukan maintenance yang proses maintenance tersebut mengeluarkan biaya kerugian sebesar Rp.3.360.000 lalu setelah adanya usulan perbaikan desain fast moving maka kerugian sekarang menjadi Rp.960.000 hal ini mengalami penuruan sebesar 71%. Kata kunci : Mesin HLP, Quality Function Deployment, molding injection.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:04
Last Modified: 18 Oct 2023 04:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31946

Actions (login required)

View Item View Item