USULAN PENERAPAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN (WASTE) PADA BAGIAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE WASTE ASSESSMENT MODEL (WAM) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Kasus: CV. Treewood Abadi Grup )

KUNCORO, SEPTIAN ARYO (2023) USULAN PENERAPAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN (WASTE) PADA BAGIAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE WASTE ASSESSMENT MODEL (WAM) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Kasus: CV. Treewood Abadi Grup ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900071_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900071_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

CV. Treewood Abadi Grup adalah perusahaan industri manufaktur yang bergerak di bidang furniture. Produk utama dari CV.Treewood Abadi Grup adalah papan tiruan (plywood), dalam proses produksi plywood mulai dari raw material sampai menjadi output mengalami hambatan atau aktifitas yang tidak memiliki nilai tambah terutama sering terjadi adanya waste pada kegiatan produksi yang sedang berlangsung. Usulan perbaikan adalah dengan melakukan pendekatan prinsipprinsip lean manufacturing dimana pemborosan (waste) yang terdapat pada aliran proses produksi dapat terminimalisir. Metode yang digunakan adalah mengambarkan aliran produksi menggunakan current state mapping didapat VA 5222.1 detik dan NVA 9290.5 detik dan jarak perpindahan material 221.75 meter, kemudian megidentifikasi waste menggunakan Waste Assessment Model (WAM) yang terdiri dari dua kuesioner yaitu metode Waste Relationship Matrix (WRM) tujuanya untuk mengetahui keterkaitan antar waste yang terjadi dan metode Waste Assessment Questionaire (WAQ) dengan tujuan untuk mengetahui waste yang paling dominan dan level antar waste. Didapat waste yang paling dominan di CV. Treewood Abadi Grup adalah defect dengan presentase 24.28 %. Pemilihan mapping tools menggunakan VALSAT diperoleh tools yang terpilih adalah PAM (Process Activity Mapping). Kemudian membuat usulan perbaikan berdasarkan nilai RP[N dari Failure Mode And Effect Analysis (FMEA). Setelah dilakukan adanya perbaikan didapat adanya pengurangan VA menjadi 5115.8 detik dan NVA menjadi 6603.87 detik dan jarak perpindahan material menjadi 93.65 meter yang digambarkan menggunakan future state mapping. Usulan perbaikan yaitu berupa penerapan visual display, perbaikan alat material handling, Re-layout, penambahan karyawan, mengganti bahan baku material plywood dari sebelumnya kayu Pinus menjadi kayu sengon. Kata Kunci : Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), Plywood, Waste Assessment Model (WAM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:03
Last Modified: 18 Oct 2023 03:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31941

Actions (login required)

View Item View Item