ANALISIS PENILAIAN KINERJA SUPPLIER IKAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus : PT. URCHINDIZE INDONESIA)

ALAM, SAIRUL (2023) ANALISIS PENILAIAN KINERJA SUPPLIER IKAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus : PT. URCHINDIZE INDONESIA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900069_fullpdf.pdf

Download (20MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900069_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)

Abstract

Suatu perusahaan yang bergantung pada supplier dalam memenuhi kebutuhan proses produksi perlu mempertimbangkan berbagai aspek agar supplier yang ada sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. Dalam konsep supply chain, supplier adalah bagian yang penting dan berpengaruh terhadap eksistensi suatu perusahaan. PT. Urchindize Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam industri pengolahan perikanan dan fokus dalam kegiatan ekspor. Ikan teri nasi dan kalapan adalah produk yang konsisten untuk diekspor keluar negeri yaitu Jepang dan Taiwan. Perusahaan mengalami kendala terhadap kualitas bahan baku yang diterima terkadang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan dan supplier yang ada tidak dapat memberikan kepastian dalam menyuplai bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian kinerja supplier ikan teri nasi dan kalapan sehingga dapat memberi masukan ke perusahaan. Penilaian kinerja supplier ikan teri nasi dan kalapan dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan beberapa langkah yaitu penentuan kriteria dan sub kriteria, melakukan perbandingan berpasangan antar kriteria dan sub kriteria, dan melakukan perbandingan berpasangan alternatif terhadap sub kriteria. Hasil dari penelitian didapatkan 8 kriteria yang meliputi harga, kualitas, pengiriman, pelayanan, hubungan supplier, tanggung jawab, attitudes, dan pembayaran, serta 15 sub kriteria yang meliputi harga produk, kemauan bernegosiasi, cara pembayaran, produk sesuai dengan standar perusahaan, kualitas bahan baku konsisten, biaya transportasi, keamanan barang dalam pengiriman, kemudahan komunikasi, pelayanan cepat dan tanggap, kinerja masalalu, kepercayaan kedua belah pihak, supplier memiliki tanggung jawab besar, keterbukaan kriitk, pembayaran dapat diangsur, dan waktu pembayaran. Ikan teri nasi memiliki 5 supplier, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh supplier TN 1 adalah supplier yang memiliki kinerja terbaik dengan nilai sebesar 0.3122, atau 31.2 %, supplier TN 4 adalah supplier yang memiliki nilai tertinggi kedua yaitu sebesar 0.2122 atau 21.2 %, supplier TN 2 adalah supplier yang memiliki nilai tertinggi ketiga yaitu sebesar 0.1801 atau 18 %, supplier TN 5 adalah supplier yang memiliki nilai tertinggi keempat yaitu sebesar 0.1522 atau 15.2 % dan supplier TN 3 adalah adalah supplier yang memiliki nilai terendah yaitu sebesar 0.1432 atau 14.3 %. Ikan kalapan memiliki 2 supplier, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh supplier KL B adalah supplier yang memiliki kinerja terbaik dengan nilai sebesar 0.5014 atau 50.14 % dan supplier KL A adalah supplier yang memiliki nilai terendah yaitu sebesar 0.4986 atau 49.86 %. Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process (AHP), Penilaian Kinerja Supplier, Supply Chain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:02
Last Modified: 18 Oct 2023 03:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31940

Actions (login required)

View Item View Item