ANALISA DISTRIBUSI PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP) DI CV JAGO NIAGA SEMESTA SEMARANG

WIJAKSONO, RAGIL (2023) ANALISA DISTRIBUSI PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP) DI CV JAGO NIAGA SEMESTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900060_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900060_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

CV Jago Niaga Semesta merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi makanan ringan atau aneka snack. CV Jago Niaga Semesta selalu mementingkan kepuasaan pelanggan dalam melakukan proses bisnisnya, dalam hal ini pihak perusahaan selalu menyediakan berbagai macam jenis makanan ringan dalam jumlah stok yang melimpah agar kebutuhan konsumen selalu terpenuhi setiap waktunya CV Jago Niaga Semesta masih memiliki permasalahan di bagian distribusi maupun pada bagian inventory control. Permasalahan utama pada bagian pendistribusian produk pada CV Jago Niaga Semesta yaitu sering kali terjadi keterlambatan pendistribusian produk yang di order oleh CV Jago Niaga Semesta kepada supplier. Sementara itu permasalahan yang terjadi pada bagian Inventory control yaitu sering terjadinya stok habis dan stok menumpuk di gudang. Penelitian ini bertujuan untuk merencanaan dan menjadwalan aktivitas distribusi dengan menggunakan metode Distribution Requirement Planning (DRP) sehingga nantinya aktivitas distribusi produk dapat terkontrol dengan baik.dan dapat meminimalkan biaya distribusi. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang sudah dilakukan menggunakan metode Distribution Requirement Planning (DRP) didapatkan untuk biaya distribusi produk Rumput Laut Ayam, Rumput Laut Sapi,Rumput Laut Pedas, Kero-Kero Stik Spesial dan Kero-Kero Tul-tul sebesar 58% sedangkan untuk produk Wafer Cokelat Columbia sebesar 50%.untuk total biaya distribusi sebesar Rp 175.328.000 yang mana menghemat biaya dari metode perusahaan yaitu sebesar 57% dan dapat disimpulkan bahwa metode DRP mampu menurunkan biaya distribusi perusahaan. Kata kunci:Inventory control,Economic Order Quantity,(EOQ),Distribution Requirement Planning (DRP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:56
Last Modified: 18 Oct 2023 02:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31930

Actions (login required)

View Item View Item