ANALISIS BEBAN KERJA FISIK DAN BEBAN KERJA MENTAL UNTUK MENENTUKAN JUMLAH KARYAWAN YANG OPTIMAL (Studi Kasus Pada UD HR Logam)

NAILURRIDLO, MOH. (2023) ANALISIS BEBAN KERJA FISIK DAN BEBAN KERJA MENTAL UNTUK MENENTUKAN JUMLAH KARYAWAN YANG OPTIMAL (Studi Kasus Pada UD HR Logam). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900045_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900045_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

UD HR Logam merupakan perusahaan manufaktur di bidang industri logam dan kuningan yang berdiri sejak tahun 1998-an, dan terus berkembang hingga sekarang. Perusahaan ini menghasilkan produk yaitu engsel pintu, handle pintu, kunci, engsel kapal dan produk lainnya sesuai pesanan. Pada bulan Oktober-Desember tahun 2022 jumlah produksi tiap harinya sebanyak 500-600 pcs untuk model engsel pintu. Pengaruh penetapan target produksi yang ketat menyebabkan tingkat setres yang tinggi bagi karyawan sehingga produktivitas karyawan menurun, yang ditunjukkan dengan banyaknya karyawan yang sering tidak masuk kerja karena sakit dan keluhan karyawan dengan target produksi yang telah ditetapkan, yang dapat dilihat dari persentase izin karyawan dan produk reject yang dihasilkan. Berdasarkan timbulnya beban kerja mental dan fisik maka diperoleh hasil metode DRAWS dan metode CVL untuk nilai beban kerja mental dan fisik 23 karyawan, terdapat 15 karyawan yang perlu dilakukan perbaikan pada bagian bending, boring, painting, pearcing, stamping dan 6 karyawan lainnya tidak terjadi kelelahan pada bagian cutting dan welding sedangkan, pada nilai beban kerja fisik terdapat 9 karyawan yang mengalami beban kerja overload bagian bending, painting, pearcing, stamping dan welding serta 12 karyawan yang mengalami optimal load bagian boring, trimming dan cutting. Hasil perhitungan beban kerja mental dan fisik dapat dilakukan usulan penambahan jumlah karyawan karena keduanya mengalami beban kerja overload. Penambahan jumlah karyawan dilakukan pada bagian bending, painting, pearcing dan stamping dengan menambah 4 jumlah karyawan sehingga jumlah karyawan dapat optimal yang semula 23 karyawan sehingga total keseluruhan menjadi 27 karyawan Penambahan ini dilakukan untuk mengurangi beban kerja dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Kata Kunci: Beban Kerja Mental & Fisik, Metode CVL, Metode DRAWS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:43
Last Modified: 18 Oct 2023 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31917

Actions (login required)

View Item View Item