ANALISIS PERENCANAAN PENGADAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE LOT SIZING PADA PRODUKSI KARET COMPOUND ( Studi Kasus CV. Alam Jaya )

Ardiansyah, Ikhfan (2023) ANALISIS PERENCANAAN PENGADAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE LOT SIZING PADA PRODUKSI KARET COMPOUND ( Studi Kasus CV. Alam Jaya ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900036_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

CV.Alam Jaya merupakan salah satu badan usaha yang bergerak dibidang industri karet compound. Salah satu produk unggulan buatan CV.Alam Jaya merupakan produk karet compound produk karet ini berbahan dasar karet dari getah pohon karet. Karet compound adalah jenis karet dengan bahan dasar getah pohon karet yang disadap oleh petani setiap paginya. Namun sangat disayangkan, produk unggulan ini masih kurang memiliki perencanaan dan pengendalian yang kurang baik dalam melaksanakan proses manufakturnya karena belum optimalnya perencanaan dan pengendalian bahan baku. Bahan baku adalah hal-hal dari mana sesuatu dapat dibuat, atau hal-hal yang diperlukan untuk membuat sesuatu. Persedian adalah beberapa bahan baku, suku cadang yang dipasok dan bahan dalam suatu bisnis untuk proses produksi, serta barang jadi atau barang yang dipasok untuk memenuhi permintaan konsumen, pengguna atau pelanggan pada waktu tertentu. Dalam merencanakan persediaan, penentuan ukuran pemesanan (lot) menjadi faktor yang terpenting. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan keputusan teknik Lot Sizing adalah biaya-biaya yang muncul karena adanya persediaan (biaya persediaan). Penelitian ini menggunakan tiga pendekatan pada Lot Sizing yaitu Economic Order Quantity (EOQ), Lot For Lot (LFL), Fixed Order Quantity (FOQ). Setelah dilakukan perhitungan menggunakan ketiga metode maka diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan EOQ hasilnya lebih efisien dan menghasilkan biaya yang paling optimal yaitu sebesar Rp.92.837.500, sedangkan pendekatan yang lain dan metode perusahaan menghasilkan biaya masing-masing LFL Rp 186.720.000, FOQ Rp. 332.279.531, metode perusahaan Rp 463.665.000. maka apabila perusahaan menggunakan metode EOQ dalam melakukan penghematan sebesar Rp 370.827.500, dan perencanaan bahan baku menjadi lebih efisien dari 12 menjadi 3 kali pembelian dalam 1 periode (dua belas bulan). Kata Kunci: Economic Order Quantity, Fixed Order Quantity, Karet Compound, Lot For Lot, Lot Sizing, Perencanaan Bahan Baku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:03
Last Modified: 18 Oct 2023 04:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31910

Actions (login required)

View Item View Item