PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, SPESIALISASI INDUSTRI AUDITOR, AUDIT TENURE, DAN LEVERAGE TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN DI PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2022

Dwi Rahayu, Nur Sugiarti (2023) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, SPESIALISASI INDUSTRI AUDITOR, AUDIT TENURE, DAN LEVERAGE TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN DI PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401900128_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900128_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, komisaris independen, spesialisasi industri auditor, audit tenure, leverage terhadap integritas laporan keuangan. Populasi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 70 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan. Metode analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan leverage terbukti berpengaruh positif terhadap integritas laporan keuangan. Untuk variabel komite audit berpengaruh negatif terhadap integritas laporan keuangan. Namun untuk variabel kepemilikan institusional, spesialisasi industri auditor, dan audit tenure tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan secara simultan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, komisaris independen, spesialisasi industri auditor, audit tenure, leverage berpengaruh secara signifikan terhadap integritas laporan keuangan. Kata kunci : kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, komisaris independen, spesialisasi industri auditor, audit tenure, leverage, integritas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:01
Last Modified: 18 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31908

Actions (login required)

View Item View Item