PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2021)

Hidayati, Niska (2023) PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401900123_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900123_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Nilai perusahaan menjadi tolak ukur investor ketika ingin menanamkan modalnya. Tujuan utama dari perusahaan sendiri yaitu untuk memaksimalkan nilai perusahaan sehingga dapat memakmuran stakeholder yang didalamnya. Hal ini dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya, karena semakin tinggi nilai perusahaan menandakan semakin tinggi laba investor. Akan tetapi terkadang perusahaan gagal dalam meningkatkan nilai perusahaan, hal ini disebabkan kurangnya pengaplikasian faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perencanaan pajak, kepemilikan manajerial, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018-2021 dengan jumlah 9 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan perencanaan pajak, kepemilikan manajerial, dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial perencanaan pajak dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : Nilai Perusahaan, perencanaan pajak, kepemilikan manajerial, dan kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:37
Last Modified: 18 Oct 2023 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31904

Actions (login required)

View Item View Item