ANALISIS PERENCANAAN PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN DI NUSANTARA BAKERY

PANGGALIH, SETO HILMI (2023) ANALISIS PERENCANAAN PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN DI NUSANTARA BAKERY. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900033_fullpdf.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)

Abstract

Di Nusantara Bakery ini memproduksi roti keril dan roti besar. Omzet yang dihasilkan Nusantara Bakery bisa mencapai dengan rata-rata Rp. 208.920.133/bulan dengan jumlah pegawai 23 laki-laki maupun perempuan. Sistem produksi UKM ini ialah Make to Stock dan Make to Order (MTO). DaLam Perhitungan Break Even Point di Nusantara Bakery dengan jumlah biaya yang sudah dikeluarkan maka dapat dihitung batas minimal penjualan agar perusahaan tidak mengalami kerugian, maka dapat ditentukan dengan menghitung BEP. Sehingga BEP dalam Rupiah di tahun 2021 pada Roti Kecil sebesar Rp 622.962.395/Tahun dengan BEP dalam unit sebesar 479.202 unit/tahun,sedangkan pada Roti Besar sebesar Rp 1.501.208.997/Tahun dengan dalam unit sebesar 536.146 unit/tahun. Ditahun 2022 dalam perhitungan BEP dalam Rupiah pada Roti Kecil sebesar Rp 715.997.205/Tahun dengan BEP dalam unit sebesar 550.767 unit/tahun, sedangkan pada Roti Besar sebesar Rp 1.935.844/Tahun dengan BEP dalam unit sebesar 691.373 unit/tahun. Pada UMKM Nusantara Bakery menargetkan laba sebesar Rp 305.562.240, sehingga Nusantara Bakery harus melakukan perencanaan penjualan dengan harga tetap. Maka dari hasil perhitungan perencanaan penjualan dalam unit di tahun 2021 pada Roti Kecil sebesar 761.559 unit/Tahun dan menghasilkan penerimaan sebesar Rp 1.679.427.735/Tahun, sedangkan pada Roti Besar sebesar 852.057 unit/Tahun dan menghasilkan penerimaan sebesar Rp 1.878.493/tahun. Di tahun 2022 perencanaan penjualan dalam unit pada roti kecil sebesar 823.307 unit/tahun dan menghasilkan penerimaan sebesar Rp 1.744.131.340/tahun, sedangkan pada Roti Besar Rp 2.219.803.520/tahun. Pada UMKM Nusantara Bakery dapat melakukan perubahan harga dengan penjualan tetap agar mencapai target laba sebesar yang diinginkan. Di tahun 2021 Nusantara Bakery mentargetkan sebesar Rp 342.842.456. Maka pada roti kecil dapat dijual dengan harga Rp 1.450/unit dengan jumlah penjualan sebesar 605.ooo unit. sedangkan pada Roti Besar dapat dijual dengan harga Rp 3.060/unit dengan penjualan sebesar 676.893 unit. Di tahun 2022 Nusantara Bakery mentargetkan laba sebesar Rp 379.066.512. Makan pada roti kecil dapat dijual dengan harga Rp 1.450/unit dengan penjualan sebesar 649.820 unit, sedangkan pada Roti Besar dapat dijual dengan harga Rp 3.060/unit dengan penjualan sebesar 826.472 unit. Nusantara Bakery dapat menerapkan hasil analisa perhitungan dalam meningkatkan volume penjualan roti kecil maupun roti besar pada tahun 2021 dan 2022 sebagai referensi di tahun 2023 untuk mencapai target laba yang diharapkan dengan cara meningkatkan kekuatan brand, memperluas target pasar, dan meningkatkan kualitas produk. Nusantara Bakery juga dapat menerapkan hasil analisa perhitungan dalam meningkatkan harga penjualan roti kecil maupun roti besar pada tahun 2021 dan 2022 sebagai referensi di tahun 2023 untuk mencapai target laba yang diharapkan dengan cara tingkatkan produk, jelaskan kelebihan produk, dan berikan penjelasan kepada konsumen. Kata Kunci: Break Even Point, Perencanaan Penjualan Pada Tingkat Laba yang Diharapkan, Perencanaan Kenaikan Harga Jual, Upaya Penerapan Perencanaan Penjualan dan Kenaikan Harga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:34
Last Modified: 18 Oct 2023 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31898

Actions (login required)

View Item View Item