PENGUKURAN BEBAN KERJA DAN PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE WORK LOAD ANALYSIS (WLA) (Studi Kasus: UMKM TAHU BAKSO MAS HADI UNGARAN)

Fauziyah, Hasna (2023) PENGUKURAN BEBAN KERJA DAN PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE WORK LOAD ANALYSIS (WLA) (Studi Kasus: UMKM TAHU BAKSO MAS HADI UNGARAN). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900031_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900031_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)

Abstract

UMKM Tahu Bakso Mas Hadi Ungaran adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan atau produksi serta penjualan tahu bakso dan bakso. UMKM Tahu Bakso Mas Hadi Ungaran ini memiliki 3 cabang yang tersebar di daerah Ungaran dan Bergas. Namun diantara 3 cabang tersebut, cabang pusat lah yang dianggap lebih ramai dibandingkan cabang lainnya, sehingga peneliti memilih untuk mengambil penelitian pada cabang pusat. Perusahaan menjalankan beberapa tahapan dalam proses produksi yang dilakukan secara manual. Perusahaan mengalami permasalahan pada beban kerja dan jumlah tenaga kerja yang ada terbilang masih kurang. Hal ini ditandai dengan adanya jam kerja yang terlalu banyak mengakibatkan kelelahan pada karyawan. Karena pada UMKM ini bekerja 15 jam untuk perhari nya yang dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian produksi dan bagian penjualan dan pada kedua bagian tersebut dilakukan oleh orang yang sama. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan metode Work Load Analysis (WLA) untuk analisis terkait beban kerja dan analisis kebutuhan tenaga kerja yang optimal. Work Load Analysis (WLA) merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menganalisis produktif yang timbul beserta nilai beban kerja yang diakibatkan oleh aktivitas – aktivitas yang dilakukan sehari – hari. Metode ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di UMKM Tahu Bakso Mas Hadi Ungaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan pada UMKM Tahu Bakso Mas Hadi Ungaran yang memiliki elemen kerja tertinggi adalah packing dengan beban kerja sebesar 109,00%. Berdasarkan perhitungan, jumlah karyawan optimal pada bagian produksi dan penjualan di UMKM Tahu Bakso Mas Hadi Ungaran dari 13 pekerja menjadi 14 pekerja. Kata Kunci: Beban Kerja, UMKM, Work Load Analysis (WLA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:29
Last Modified: 18 Oct 2023 02:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31893

Actions (login required)

View Item View Item