ANALISIS YURIDIS TERHADAP PEMIDANAAN PELAKU PEMBUNUHAN BERENCANA di PENGADILAN NEGERI KENDAL (Studi Putusan Nomor 23/Pid.B/2023/PN Kendal)

Renaldi, Sandy Fajar (2023) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PEMIDANAAN PELAKU PEMBUNUHAN BERENCANA di PENGADILAN NEGERI KENDAL (Studi Putusan Nomor 23/Pid.B/2023/PN Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000388_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000388_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara hukum sebagaimana dijelaskan pada Pasal 1 ayat (3) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang selanjutnya berbunyi “ Negara Indonesia adalah Negara Hukum”. Penegakan hukum ditunjukan guna meningkatkan ketertiban dan kepastian tentang hukum kepada masyarakat, sehingga lembaga lembaga yang bertugas menegakan hukum bertindak dengan adil dan tidak memihak, penelitan ini bertujuan ntuk mengetahui konstruksi tindak pidana pembunuhan berencana dalam konsepsi Kepastian Hukum dan mengetahui analisis yuridis terhadap pemidanaan pelaku pembunuhan berencana di Pengadilan Negeri Kendal Penelitian ini supaya memberikan hasil yang bermanfaat maka penelitian ini dilakukan dengan penelitian metode penelitian hukum normatif metode penelitian hukum normatif adalah penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan atau data sekunder belaka . Tujuan utama dari hukum pidana adalah untuk menjaga ketertiban sosial, melindungi masyarakat dari tindakan-tindakan yang merugikan, dan memberikan hukuman kepada pelaku tindak pidana, hukum pidana bekerja untuk menjaga ketertiban sosial dan melindungi hak-hak masyarakat Didalam pembunuhan berencana terdapat unsur kesengajaan dalam bidang ilmu hukum pidana dibedakan dalam 3 bentuk yaitu : kesengajaan sebagai tujuan, kesengajaan sebagai kepastian, kesengajaan sebagai kemungkinan. bahwa hukuman yang dijatuhkan sesuai dengan tingkat kejahatan yang dilakukan terdakwa melakukan pembunuhan berencana dan akan dijatuhi pasal 340 KUHP. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 17(tujuh belas) tahun, menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari lamanya pidana yang dijatuhkan Memerintahkan Terdakwa tetap ditahan Kata Kunci : Penegakan Hukum, Tindak Pidana, Pembunuhan Berencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:28
Last Modified: 18 Oct 2023 02:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31892

Actions (login required)

View Item View Item