PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Periode 2018 -2022)

Aji, Muhammad (2023) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di BEI Periode 2018 -2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401900104_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900104_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)

Abstract

Riset ini bermaksud untuk mengetahui dampak good corporate governance (GCG), ukuran perusahaan, dan leverage terhadap kinerja keuangan, dikarenakan pada riset-riset sebelumnya masih memperlihatkan hasil yang tidak konsisten. Pada riset ini ini, GCG diwakilkan dengan dewan direksi, dewan komisaris, serta komite audit, ukuran perusahaan dihitung melalui total aset, serta leverage dihitung melalui debt to equity ratio (DER). Kinerja keuangan perusahaan dihitung melalui return on assets (ROA). Populasi yang dipakai didalam riset ini ialah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang tercatat di BEI tahun 2018-2022 yang dengan jumlah 50 perusahaan. Pengambilan sampel dijalankan dengan memakai teknik purposive sampling serta merujuk pada kualifikasi yang sudah ditentukan maka didapat sampel dengan jumlah 49 perusahaan. Metode analisis yang dipakai ialah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil riset memperlihatkan bahwasanya dewan komisaris dan ukuran perusahaan mempunyai dampak positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Dewan direksi dan leverage mempunyai dampak negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan komite audit tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:27
Last Modified: 18 Oct 2023 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31889

Actions (login required)

View Item View Item