PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN SEKSUAL OLEH UNIT PELAYANAN PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS DI POLRETABES SEMARANG)

Rahmawati, Erna (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN SEKSUAL OLEH UNIT PELAYANAN PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS DI POLRETABES SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000372_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000372_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Perkembangan perilaku manusia dari segi hukum, ada yang sesuai dengan norma yang berlaku, dan ada pula yang bertentangan dengan norma yang berlaku. Kejahatan tidak dapat diberantas tetapi dapat dikurangi, hal ini dapat dilihat dari meluasnya kasus kejahatan kekerasan seksual. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui proses perlindungan korban kekerasan seksual oleh unit PPA Polrestabes Semarang. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis. Pendekatan yuridis sosiologis dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi yang riil dan fungsional dalam sitem kehidupan yang nyata. Pendekatan ini bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan cara terjun langsung ke obyeknya yang bertujuan untuk mengetahui proses proses perlindungan korban kekerasan seksual oleh unit PPA Polrestabes Semarang. Hasil penelitian dan pembahasan yang penulis dapatkan setelah melakukan riset yaitu: 1) Perlindungan hukum bagi perempuan korban kekerasan seksual oleh Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) di Polrestabes Semarang diawali dengan pelaporan dan awalnya pihak PPA akan mengedepankan keselamatan korban terlebih dahulu setelah itu akan dilakukan penyelidikan, penyidikan hingga masuk ke kejaksaan. 2) Hambatan yang dihadapi unit Pelayanan Perempuan Dan Anak (PPA) Polrestabes Semarang dalam pelaksanaan perlindungan hukum bagi perempuan korban kekerasan seksual Faktor Sarana dan Prasarana, Faktor Sumber Daya Manusia, Pelaku Tindak Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Melarikan Diri, Korban Tindak Koperatif, Kurangnya Informasi Mengenai Tindak Pidana Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan, Bukti Kurang Kuat, Sulitnya Saksi Disabilitas. Kata Kunci : Perlindungan Hukum; Kekerasan Seksual; Perempuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:24
Last Modified: 18 Oct 2023 02:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31887

Actions (login required)

View Item View Item