ANALISIS KINERJA SUPPLIER BAHAN BAKU BERDASARKAN PENDEKATAN VENDOR PERFORMANCE INDICATOR (VPI) MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI CV. UNICO INDONESIA

FATIKAH, FATIN (2023) ANALISIS KINERJA SUPPLIER BAHAN BAKU BERDASARKAN PENDEKATAN VENDOR PERFORMANCE INDICATOR (VPI) MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI CV. UNICO INDONESIA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900024_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

CV. Unico Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi briket. Penilaian kinerja supplier bahan baku merupakan salah satu aktivitas dalam rangkaian supply chain CV. Unico Indonesia. Aktivitas ini dikategorikan dalam aktivitas strategis, karena peran supplier akan turut dalam menentukan keberhasilan perusahaan. Apabila bahan baku yang disediakan oleh supplier berkualitas buruk, maka hal ini juga akan berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Apabila supplier tidak bisa menyediakan bahan baku sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka dapat dipastikan bahwa jadwal produksi akan terganggu. Bahan baku utama seringkali mengalami keterlambatan saat proses pengiriman, dimana tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Selain itu harga bahan baku tidak sesuai dengan kesepakatan awal antara perusahaan dengan pihak supplier. Sehingga digunakanlah pendekatan Vendor Performance Indicator (VPI) dan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Vendor Performance Indicator (VPI) digunakan untuk menentukan kriteria dan subkriteria yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan bobot kriteria dan subkriteria yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 5 kriteria dengan 10 subkriteria dan terdapat 3 supplier, dimana supplier yang memiliki bobot tertinggi yaitu supplier A sebesar 2,50 selanjutnya supplier B memiliki bobot sebesar 1,65 dan yang terakhir supplier C terendah memiliki bobot sebesar 0,83. Kata kunci : Kinerja Supplier, Vendor Performance Indicator (VPI), Analytical Hierarchy Process (AHP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:19
Last Modified: 18 Oct 2023 02:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31880

Actions (login required)

View Item View Item