PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI DALAM TINDAK PIDANA MEMPERJUALBELIKAN PRODUK TIDAK SESUAI DENGAN IKLAN

Wijayanti, Sigra Arum (2023) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI DALAM TINDAK PIDANA MEMPERJUALBELIKAN PRODUK TIDAK SESUAI DENGAN IKLAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000300_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000300_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)

Abstract

Dalam menjual atau memasarkan produknya, pelaku usaha memerlukan sarana agar produknya dikenal calon konsumen. Iklan merupakan salah satu sarana yang sering digunakan untuk memasarkan produk. Iklan tidak hanya bermanfaat bagi pengusaha, melainkan para calon konsumen pula untuk mempelajari barang/jasa yang diinginkan. Namun, bisnis sering menyalahgunakan pemasaran ini dengan menyajikan informasi iklan yang tidak sesuai keadaan barang/jasa, sehingga konsumen dapat dirugikan. Ditambah seiring berjalannya waktu, kejahatan ini pun berkembang, termasuk dapat dilakukan oleh korporasi. Maka dari itu, diperlukan adanya pertanggungjawaban sebagai kepastian hukum, salah satunya pertanggungjawaban pidana. Kasus yang pernah terjadi yakni pada Putusan Mahkamah Agung No. 04/ Pid.S/2011/PN.Kdr. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertanggungjawaban pidana korporasi dalam tindak pidana memperjualbelikan produk tidak sesuai dengan iklan di masa kini dan untuk mengetahui pertanggungjawaban pidana korporasi dalam tindak pidana memperjualbelikan produk tidak sesuai dengan iklan di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan yuridis normatif, yang berarti suatu penelitian yang difokuskan dengan mengkaji dan penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma dalam hukum positif yang berlaku. Adapun spesifikasi penelitian yang digunakan bersifat deskriptif analitis dengan menganalisis dan mendeskripsikan secara rinci data-data yang ada. Jenis dan sumber data yang digunakan ialah data sekunder. Pada metode pengumpulan data, dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi dokumen. Skripsi ini menggunakan metode analisis data kualitatif yang disajikan dalam bentuk teks atau narasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa saat ini korporasi dapat dipertanggungjawabkan secara pidana terkait produk yang tidak sesuai iklan yakni tercantum dalam Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang telah diubah dengan UndangUndang Nomor 19 Tahun 2016. Selain itu, pertanggungjawaban pidana korporasi terkait produk yang tidak sesuai iklan juga terdapat dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Akan tetapi, pertanggungjawaban pidana korporasi dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen masih terdapat kelemahan-kelemahan sehingga dibutuhkan reformulasi. Selain itu, saat ini terdapat pula Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penanganan Tindak Pidana Korporasi. Dalam hal pertanggungjawaban pidana korporasi terkait produk yang tidak sesuai iklan di masa yang akan datang pada Undang-Undang Perlindungan Konsumen, reformulasi yang perlu diatur yakni dalam hal kapan dan bagaimana korporasi melakukan tindak pidana serta sanksi pidana yang relevan diterapkan terhadap korporasi. Di sini juga dibahas mengenai pertanggungjawaban pidana korporasi dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang akan diberlaku. Dimana produk yang tidak sesuai iklan dapat dijerat Pasal 492 dan Pasal 493. Kata Kunci: Pertanggungjawaban Pidana, Korporasi, Iklan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:59
Last Modified: 18 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31876

Actions (login required)

View Item View Item