Pengaruh Digitalisasi, Transparansi dan Kompetensi Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Kabupaten Pati)

Ula, Indah Syafa’atul (2023) Pengaruh Digitalisasi, Transparansi dan Kompetensi Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401900080_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900080_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Dana desa merupakan anggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat pada pemerintah desa untuk mengelola, mengembangkan serta menjadikan daerahnya semakin maju. Akuntabilitas merupakan suatu bentuk pengendalian organisasi sektor publik sehingga organisasional sebagai landasan untuk memberikan penjelasan dari pihak internal maupun eksternal yang memiliki kepentingan. Banyaknya anggaran dana desa yang disalurkan perlu adanya pengelolaan dana desa yang baik, benar serta transparan sehingga sesuai dan tepat sasaran. Berdasarkan IWC (Indonesia Corruption Watch) ada beberapa sektor yang banyak terjadi penyalahgunaan salah satu terbanyak ialah pengelolaan dana desa, dengan demikian perlunya akuntabilitas pengelolaan dana desa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digitalisasi terhadap pengelolaan dana desa, bagaimana penggunaan aplikasi siskeudes, mengetahui pengungkapan atau transparansi tiap desa dan kompetensi yang dimiliki serta kompetensi yang mendukung pengelolaan dana desa. Populasi dalam penelitian memilih kabupaten Pati kecamatan Tayu dengan pengambilan data secara langsung penyebaran kuesioner. Metode teknik sampling jenuh menghasilkan 82 responden dengan teknik analisa regresi linier berganda menggunakan program IBM SPSS Statistic 25. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Digitalisasi, Transparansi dan kompetensi SDM berpengaruh secara signifikan terhadap pengelolaan dana desa sehinnga akuntabel. Kata Kunci : Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa, Digitalisasi, Transparansi dan Kompetensi SDM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:56
Last Modified: 18 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31871

Actions (login required)

View Item View Item