ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PADA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION TASK LOAD INDEX (NASA-TLX) DAN RATING SCALE MENTAL EFFORT (RSME) (Studi Kasus : UMKM Tahu Bakso Mas Hadi Ungaran)

Sucipto, Eko (2023) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PADA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION TASK LOAD INDEX (NASA-TLX) DAN RATING SCALE MENTAL EFFORT (RSME) (Studi Kasus : UMKM Tahu Bakso Mas Hadi Ungaran). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601900022_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Tahu bakso merupakan ciri khas makanan di wilayah Kabupaten Semarang. Salah satu makanan oleh-oleh khas Kabupaten Semarang khususnya di Kota Ungaran yaitu tahu bakso. Dalam UMKM Tahu Bakso Mas Hadi Ungaran memiliki 13 karyawan untuk melakukan proses produksi tahu bakso kurang lebih sebanyak 1000 pcs dalam sehari, dan di lanjutkan proses penjualan dengan jam kerja yang panjang tanpa ada waktu libur dan tidak ada shift kerja. Dengan demikian secara tingkat stres mereka tinggi dan performa juga pasti menurun sehingga bisa menimbulkan beban mental. Selain itu banyaknya karyawan yang resign disebabkan karena jam kerja yang panjang untuk memproduksi tahu bakso dan juga melakukan proses penjualan dengan jam kerja yang panjang. Dengan demikian, perlu diadakannya penelitian tentang analisis beban kerja mental pada karyawan dengan metode NASA-TLX dan RSME. Berdasarkan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator beban kerja mental pada karyawan dengan metode NASA-TLX indikator yang paling dominan yaitu, tingkat frustasi (TF) dengan presentase 21%, diikuti dengan kebutuhan waktu (KW) sebesar 20,5 %, usaha (U) sebesar 15,9%, kebutuhan mental (KM) dengan presentase 14,9%, kebutuhan fisik (KF) yaitu 14,4%, performasi kerja (PK) sebanyak 13,3%. Sedangkan pada metode RSME yang paling dominan yaitu pada indikator usaha mental kerja sebesar 18,1%, kemudian diikuti dengan indikator kedua yaitu kelelahan kerja (KLK) sebesar 17,4 %, beban kerja (BK) sebesar 17,1%, performasi kerja (PK) sebesar 16,7%, kegelisahan kerja (KGK) sebesar 16,3%, dan kesulitan kerja (KK) sebesar 14,4%. Usulan perbaikan yang diberikan yaitu evaluasi dalam menjalankan leadership ke para karyawan, adanya waktu libur, dan tupoksi kerja, agar mampu mengurangi beban kerja mental pada karyawan UMKM Tahu Bakso Mas Hadi Ungaran dan dapat menciptakan suasana kerja dengan suasana nyaman sehingga karyawan tidak merasa bosan, sehingga dapat menaikkan performansi kerja pada perusahaan tersebut. Kata Kunci : Beban Kerja Mental, NASA- TLX, RSME, Indikator, Karyawan UMKM Tahu Bakso Mas Hadi Ungaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:52
Last Modified: 18 Oct 2023 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31869

Actions (login required)

View Item View Item