PENYELESAIAN PERMASALAHAN DEBITUR PADA PERJANJIAN LEASING DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR (Studi Kasus PT Adira Finance Cabang Purwodadi)

Selinda, Risma (2023) PENYELESAIAN PERMASALAHAN DEBITUR PADA PERJANJIAN LEASING DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR (Studi Kasus PT Adira Finance Cabang Purwodadi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000276_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000276_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)

Abstract

Manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari membutuhkan alat transportasi. Semakin padatnya aktivitas manusia, menggunakan alat transportasi umum tidak menjadi alternatif utama bagi masyarakat. Maka, alat transportasi pribadi seperti sepeda motor menjadi pilihan utama karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan kendaraan lainnya. Namun, tidak semua masyarakat mampu membeli sepeda motor secara langsung karena keterbatasan dana yang dimiliki. Hal ini menjadi kendala bagi masyarakat yang membutuhkan sepeda motor untuk keperluan pribadi atau pekerjaan. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mencari alternatif pembiayaan. Masyarakat dapat mengajukan pinjaman pembiayaan pada perusahaan leasing untuk memperoleh sepeda motor yang dibutuhkan. PT Adira Finance merupakan salah satu perusahaan leasing bukan bank, dengan adanya PT Adira Finance sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelesaian permasalahan debitur pada perjanjian leasing dalam pembelian sepeda motor di PT Adira Finance Cabang Purwodadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitiannya adalah deskriptif analisis, data yang digunakan adalah primer dan sekunder, teknik pengumpulan data primer yaitu observasi dan wawancara, teknik pengumpulan data sekunder yaitu studi pustaka. Analis data menggunakan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penyelesaian permasalahan debitur pada perjanjian leasing dalam pembelian sepeda motor di PT Adira Finance Cabang Purwodadi, maka dapat diketahui bahwa pelaksanaan perjanjian leasing dalam pembelian sepeda motor di PT Adira Finance Cabang Purwodadi dalam bentuk tertulis, debitur melengkapi persyaratan leasing lalu menunggu persetujuan dari PT Adira Finance Cabang Purwodadi. Permasalahan debitur pada perjanjian leasing yaitu wanprestasi dan overmacht, penyelesaian permasalahan wanprestasi yaitu dengan teguran awal hingga penarikan sepeda motor, penyelesaian permasalahan overmacht dengan melibatkan pihak ketiga yaitu asuransi. Kata Kunci: Perjanjian Leasing, Wanprestasi, Overmacht.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:16
Last Modified: 18 Oct 2023 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31867

Actions (login required)

View Item View Item